NUTRISI TANAMAN (BAGIAN 2)

Walaupun disebut organisme autotrof (bisa membuat makanan sendiri), tanaman tidak sepenuhnya menciptakan makanan itu dari udara kosong. Tanaman membutuhkan bahan baku utama berupa udara, air, dan mineral dalam proses pembuatan makanan tersebut. Selain bahan baku utama tersebut tanaman juga membutuhkan kelompok nutrisi beneficial (tidak mutlak diperlukan, tapi penting) untuk mendukung fungsi tertentu.

Beberapa contoh kelompok nutrisi beneficial dan fungsinya:
Zat Pengatur Tumbuh (Hormon Tanaman)
ZPT merupakan kelompok molekul yang mempengaruhi proses fisiologi tanaman (pertumbuhan, perkembangan, diferensiasi) dalam konsentrasi rendah. Secara garis besar ZPT terdiri dari Auksin yang mempengaruhi perkembangan akar dan batang, Sitokinin untuk perkembangan daun, Giberellin untuk perkembangan buah, dan Ethylene untuk pemasakan buah.

Kelompok Vitamin B
Vitamin B dalam jumlah besar diperlukan pada tanaman yang dipacu untuk berproduksi tinggi atau tanaman yang berada pada kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan (cuaca terlalu panas, kekurangan air, serangan hama/penyakit). Pada kondisi tersebut tambahan vitamin B diperlukan tanaman untuk meningkatkan/mempertahankan laju metabolisme serta mengurangi dampak stress yang ditimbulkan oleh lingkungan yang buruk.

Asam Amino
Asam amino merupakan produk antara yang dihasilkan tanaman dari metabolisme nitrogen. Seperti halnya vitamin B, asam amino diperlukan tanaman dalam jumlah besar ketika tanaman dipacu untuk berproduksi tinggi atau ketika berada pada lingkungan yang buruk. Memberikan tambahan asam amino akan memastikan kerja enzim yang optimal, serta meningkatkan faktor internal untuk tetap berlangsungnya proses fotosintesis walaupun kondisi lingkungan memburuk.

Asam Organik
Asam organik merupakan komponen khusus yang dibentuk tanaman untuk melakukan tugas taetentu. Terdapat ratusan jenis asam organik dalam tanaman dengan fungsi yang berlainan, mulai dari penyerapan nutrisi, pengendalian hama/penyakit, hingga menciptakan aroma tertentu dari buah yang dihasilkan.
Memberikan tambahan asam organik tetentu kadang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan. Misalnya: Asam sitrat untuk meningkatkan efisiensi pupuk NPK.

Warning Compound
Warning compound merupakan molekul yang tidak berbahaya bagi tanaman, tetapi kedatangannya menyebabkan tanaman membentuk sistem pertahanan yang kuat seolah-olah ada serangan penyakit yang membahayakan hidupnya. Warning compound terkadang diperlukan pada area pertanaman yang sering terkena serangan penyakit, agar tanaman menjadi lebih siap apabila serangan datang.

Tidak seperti nutrisi essensial yang mutlak diperlukan agar tanaman tetap bisa hidup, kelompok nutrisi beneficial sebenarnya bisa diproduksi tanaman dalam jumlah cukup. Akan tetapi jumlah itu menjadi tidak mencukupi ketika tanaman dipacu untuk berproduksi setinggi mungkin atau tanaman dalam kondisi stress. Pada kondisi tersebut tambahan nutrisi beneficial diperlukan untuk mempertahankan laju metabolisme agar tidak terjadi penurunan hasil panen yang berakibat pada kerugian.

dibawah ini beberapa produk pupuk organik kami, silahkan klik pada gambar untuk melihat keterangannya:


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>