SEKILAS TENTANG BAHAN BAKU PRODUK KAMI DAN FUNGSINYA BAGI TANAMAN

Statement #1

  • Tanaman hanya membutuhkan unsur CHO (diperoleh dari udara dan air) dan unsur NPK (diperoleh dari pupuk NPK) untuk bisa tumbuh, berbunga, dan berbuah. Tetapi hanya sekedar bisa tumbuh, bisa berbunga, dan bisa berbuah saja.
  • Untuk pertumbuhan, pembentukan bunga, dan pembentukan buah yang lebih baik tanaman memerlukan tambahan unsur Ca Mg S (makro sekunder), Cu Cl Mn Mo Fe Zn B (mikro), serta tambahan unsur lain yang berbeda untuk setiap jenis tanaman

Na Ni Co Si I (beneficial).

  • Tidak hanya itu saja, untuk mendapatkan hasil panen dengan kualitas prima tanaman membutuhkan perakaran yang bagus untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik, tambahan zat hijau daun untuk tambahan hasil fotosintesis, sistem transport nutrisi yang memadahi, serta imunitas yang baik untuk melindungi diri dari berbagai serangan pathogen.
  • Untuk itu, beberapa tambahan zat aktif (hormon dan biostimulant) diperlukan untuk meningkatkan laju metabolisme serta proses sintesis yang terjadi di dalam tanaman.

 

Fungsi mineral secara umum:

  • Structural : N P K Ca Mg S Si
  • Photosynthesis : Cu Mn Fe Zn
  • Sugar formation and translocation : B
  • Nitrat transformation : Mo
  • Urea transformation : Ni
  • Ionic buffer : Cl
  • Nitrogen fixing ability : Co

 

 

Natural B-Vitamins:

Meningkatkan aktivitas metabolisme pada tahap awal pertumbuhan tanaman serta mempertahankan laju metabolisme pada kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan (mengurangi dampak stress lingkungan).

 

Fungal Cell Constituent:

Induksi SAR bersama nukleotida dan plant sterol. Meningkatkan respon alami tanaman terhadap berbagai serangan pathogen dengan memberikan semacam peringatan awal sebagai persiapan dalam menghadapi serangan berikutnya.

 

Amino acids:

Meningkatkan faktor internal dalam proses pembukaan stomata.

Jika stomata menutup: 1. Fotosintesis berhenti 2. Respirasi meningkat 3. Destruksi karbohidrat – yield loss! Asam amino juga merupakan bahan baku siap pakai pembentuk sistem enzim pada tanaman.

 

Organic Acids:

Meningkatkan efektifitas penyerapan dan transport nutrisi bersama asam amino. Beberapa asam organik juga berfungsi sebagai pembenah tanah (humat dan fulvat).

 

Microbial Activator:

Meningkatkan aktivitas mikroorganisme yang menguntungkan bagi tanaman dan lingkungan, terutama mikoriza dan beberapa bakteri penghasil ZPT.

 

Yeast Extract, Chitosan, Natural Sugar:

Meningkatkan pertumbuhan mikroba penghasil antibiotik di dalam tanah (Actinomyces) sehingga menurunkan prevalensi terjadinya penyakit tular tanah.

 

Auxin dan Cytokinin:

Baca di artikel : zat pengatur tumbuh

Adenin (Cytokinin-Like Function):

Akar mempunyai kemampuan untuk memproduksi sitokinin (6-benzyl adenin) dari bahan baku adenin. Sitokinin berfungsi meningkatkan perkembangan daun tetapi mempunyai efek negatif menghambat perkembangan akar.

Kami hanya mencantumkan adenin untuk memungkinkan pembentukan akar yang sempurna di awal pertumbuhan, setelah itu akar dengan sendirinya akan memproduksi sitokinin dari bahan baku yang tersedia (adenin).

 

Mengapa produk kami tidak mengandung giberelin..?

Seperti halnya sitokinin yang menghambat pembentukan akar, giberelin mempunyai efek negatif menghambat proses pembungaan. Menambahkan giberelin akan menjadikan produk kami tidak bisa diaplikasikan pada setiap umur tanaman.

 

Bagaimana hal ini bisa terjadi..?

GA1 adalah giberelin yang secara alami dihasilkan oleh tanaman (hormon endogen), bersamaan dengan itu tanaman juga memproduksi zat anti GA1 yang digunakan untuk menguraikan GA1 apabila jumlahnya menjadi berlebihan.

GA3 adalah giberelin yang dihasilkan dari biakan jamur Fusarium moniliforme. karena bukan hormon endogen, zat anti GA3 tidak diproduksi oleh tanaman sehingga kelebihan sedikit saja akan memberikan efek negatif pada tanaman. Salah satu efek negatif yang tampak adalah hambatan terhadap pembungaan.

 

Catatan:

  • GA3 adalah satu-satunya giberelin yang diproduksi masal dari biakan jamur Fusarium moniliforme dalam skala industri dengan harga terjangkau. GA3 sebaiknya diberikan setelah terbentuk bakal buah.
  • Respon terhadap ZPT atau hormon tanaman (auksin, sitokinin, giberelin) tidak tergantung pada jumlah absolut, tetapi tergantung pada konsentrasi relatif antar ZPT. Artinya, diberikan banyak ataupun sedikit (sedikit tetapi sudah mencapai ambang konsentrasi minimal) hasilnya tidak akan jauh berbeda.

Komentar dengan Facebook

comments

Powered by Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>